Beranda > PHP > OOP Pada PHP[Part III] : Deklarasi Hak Akses Pada Property atau Method

OOP Pada PHP[Part III] : Deklarasi Hak Akses Pada Property atau Method

Pada artikel berseri ini, kemarin telah dibahas dasar OOP pada PHP dan cara membuat class dan object pada PHP. Lanjutannya adalah masalah awalan dari varibel atau fungsi. Awalan disini maksudnya adalah deklarasi hak akses. Deklarasi hak akses untuk variable dan fungsi memiliki 3 jenis (yang paling umum digunakan). Yaitu :
  • Public
  • Private
  • Protected

Masing-masing memiliki ketentuan-ketentuan yang mengikat. Untuk melangkah lebih jauh tentang OOP, saya rasa hal ini pantas untuk diketahui terlebih dahulu. Bagi yang sudah hapal dengan konsep ini, mohon saya jangan ditertawakan karena membahas masalah ini.

Public

Deklarasi hak ini berarti variable atau fungsi dengan awalan ini bisa diakses dari class manapun, baik class itu sendiri atau class turunan dari class yang memiliki variable atau fungsi itu. Deklarasi ini merupakan yang paling sering dan mudah digunakan. Tetapi penggunaanya tergantung dari kebutuhan dan kebijakan dalam keamanan program.

Private

Deklarasi ini berarti variable atau fungsi dengan awalan ini HANYA bisa diakses oleh class pemilik dari variable atau fungsi itu. Turunannya atau parentnya tidak bisa mengaksesnya.

Protected

Melindungi variable atau fungsi dari akses diluar class yang tidak mewarisi class tersebut.

Kok kelihatannya sensift banget ? memang masalah keamanan adalah hal sensitif, kesalahan sedikit saja akan beraktibat bocornya sistem. Jadi penggunaanya tergantung dari kasus dan kebutuhan. Pada artikel mendatang akan dibahas tentang turunan atau inheritance.

Tutorial ini disadur dari : Bimoweb.com

Kategori:PHP
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: