Beranda > CakePHP > Instalasi CakePHP

Instalasi CakePHP

Aku mulai dari dasar deh. Soalnya kemarin banyak yang tanya-tanya apa itu CakePHP. Buat yang belum tau apa itu CakePHP bisa baca disini. Sekarang kita mau bahas tentang instalasi CakePHP. Sebelumnya mungkin bisa download CakePHP versi terbaru disini. Nanti disana ada 2 versi yaitu versi 1.1.x ama 1.2.x. Buat belajar pake yang 1.1.x dulu aja. Aku anggap semua udah dapat filenya ya.

kebutuhan server untuk penggunaan CakePHP ialah

  • HTTP server (apache), aku sarankan mod_rewrite nya di enable yah.
  • PHP version 4.3.2 atau yang lebih baru
  • Database server (MySQL, PostgreSQL,ADODB)

Aku asumsikan :

  • telah terinstall webserver apache dan database server mySQL
  • CakePHP 1.1.19.6305

Sekarang kita mulai

1. Extract paket CakePHP di document_root web server temen-temen

2. Masuk ke direktori app/config/ Renamefile dengan nama database.php.default menjadi database.php. buka file database.php dengan text editor.

var $default = array('driver' => 'mysql',‘connect’ => ‘mysql_connect’,

‘host’ => ‘localhost’,

‘login’ => ‘user’,

‘password’ => ‘password’,

‘database’ => ‘project_name’,

‘prefix’ => ”);

Temen-temen tinggal mengisi config database tersebut. Sebagai contoh saya menggunakan database MySQL.

var $default = array('driver' => 'mysql',‘connect’ => ‘mysql_connect’,

‘host’ => ‘localhost’,

‘login’ => ‘root’,

‘password’ => ”,

‘database’ => ‘test’,

‘prefix’ => ”);

Parameter host isikan aja ’localhost’. Untuk parameter login temen-temen isikan username databasenya. Pada server local biasanya ’root’. Parameter password, isikan password database temen-temen. Pada server local biasanya secara default kosong. Sedang parameter database, isikan database yang akan digunakan pada project.

Sampai disini instalasi udah selesai sebenernya. Sekarang tinggal dipanggil aja lewat browser. Jika temen-temen mengikuti prosedurnya dengan benar maka akan ditemukan kata-kata ’Your database configuration file is present.’ Dan ’Cake is able to connect to the database.’ Berarti temen-temen udah berhasil menginstal CakePHP. Selamat.

Kategori:CakePHP
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: